KONVEKSI (BUMDes ) Desa Gemawang


KONVEKSI
(BUMDes ) Desa Gemawang

            Setelah pasar pagi berjalan dan semakin membaik, BUMdes  akan segera melangkah lebih lanjut  ke pemberdayaan yang lain, Desa Gemawang punya Aset yang dari PNPM-MD tahun 2009 bentuknya macam-macam jenis alat, salah satunya  mesin jahit ,mesin border,mesin obras dan lain-lain, BUMDes akan segera melakukan ferivikasi  semua jenis alat tersebut, bagi alat yang kurang bermanfaat akan segera dimanfaatkan.
Sehubungan dengan alat tersebut BUMDes akan mendirikan Usaha yang bisa menyerap banyak tenaga kerja , melihat kebutuhan jenis pakaian wilayah Desa Gemawang  90% masih mengambil dari luar, contoh pakaian yang sudah pasti, ada beberapa  seragam sekolah mulai dari PAUD,TK,SD, SMP, MTS,Dll, kami mengamati semua tidak ada yang  produk Desa Gemawang, bayangkan 1 kali seragam Identitas SD saja sudah ratusan padahal satu sekolah banyak sekali macam seragam per tahun.
Langkah kami pertama adalah mengumpulkan tenaga jahit yang yang masih nganggur, melihat dan mengamati seberapa dan sampai dimana pengetahuan tentang jahit  dari satu persatu, bagi yang masih kurang pengetahuan tentang jahit akan kami didik dan kami bina samapi betul-betul mampu dan bisa bekerja.
Yang kedua kami akan mengadakan pembinaan kepada tenaga penjahit bagaimana   bisa bekerja dengan sungguh-sungguh, dan prinsipnya harus mencintai pekerjaan.
Selanjutnya kami akan kunjung kesemua jenis pendidikan loby apa saja pakaian yang sering dibutuhkan mulai seragam identitas, seragam olah raga dll, kami akan menawarkan semua jenis pakaian sesuai kebutuhan dan permintaan, bahkan kami akan berusaha menawarkan dengan harga, kwalitas, mode yang lebih baik dari biasanya.
Setelah berfikir ke konveksi ini sudah pasti tujuan pemberdayaan adalah penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak lagi,  karena kami melihat banyak sekali orang yang dulunya kursus jahit tapi sekarang buruh yang lain karena sulit untuk melangkah dan berfikir secara sendiri.
Harapan kami bagaimana orang bisa bekerja dapat penghasilan secara mandiri tanpa harus ada tekanan dari orang lain, apalagi harus keluar kota mencari pekerjaan karena dirumah tidak ada pekerjaan.
Sebenarnya bukan kebanggaan BUMDes kami  ketika banyak uang tapi bantuan baik dari pemerintah maupun dari pihak lain, karena setelah ada uang kadang rencana belum mateng sehingga tujuan kurang tercapai dengan sempurna, toh kalau ada bantuan dari pemerintah kami akan  merencanakan yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan usaha masyarakat mulai meneliti dengan detail apa saja kesulitan kelemahan kekurangan, dari usaha yang akan didirikan.
Selama ini BUMDes Desa Gemawang belum pernah mendapat bantuan keuangan dari pemerintah, hanya  satu-satunya bantuan dari pemerintah adalah satu motor TOSSA  yang selalu bermanfaat untuk mengangkut/membuang sampah dari kegiatan pasar.
BUMDes Desa Gemawang Mempunyai Unit Usaha Yang selama ini sudah berjalan :
1.      Unit Usaha Simpan Pinjam
2.      Unit Usaha Pasar Siang Wage dan Legi 1 (satu) Bulan 12 kali pasaran
3.      Unit Usaha Pasar pagi setiap hari mulai jam 2:00- 6:00
4.      Unit Usah PPOB/ Pembayaran rekening LISTRIK
5.      Unit Usaha Air Bersih
Terimakasih kepada Bapermades Kab. Temanggung yang selalu membimbing dan membina BUMDes Kami.
Sementara sampai disini sekilas tentang salah satu rencana dari BUMDes Desa Gemawang Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung.


Komentar

Postingan populer dari blog ini