SAMPAH BUKAN LAGI SUMBER MASALAH ,BAHKAN SAMPAH MENJADI SUMBER RUPIAH

Istilah sampah pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jika mendengar istilah sampah, pasti yang terlintas dalam benak kita adalah setumpuk limbah yang menimbulkan aroma busuk yang sangat menyengat. Sampah diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses yang cenderung merusak lingkungan di sekitarnya. Dalam proses alam, sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam itu berlangsung.
Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Bila sampah dibuang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan serangga (lalat, kecoa, kutu, dan lai-lain) yang membawa kuman penyakit.
Buruk,kumuh,menjijikkan,itulah kesan yang ditangkap bila kita mendengar kata sampah.Kesan itu pula yang ingin dihilangkan oleh Tim Penggerak PKK Desa Gemawang dengan mengaktifkan konsep Bank Sampah.Melihat Potensi dalam sebuah permasalahan,begitulah kira-kira istilah yang tepat bagi kelompok Wanita Desa Gemawang ini.Ada banyak hal yang dibidik oleh Tim Penggerak PKK Desa Gemawang dari terbentuknya Bank Sampah ini antara lain :
1.                  Membangunkan lagi semangat kebersamaan kader PKK Desa Gemawang yang sebelumnya memudar.Kebersamaan adalah modal utama dalam menjalankan sebuah organisasi,itulah prinsipnya.Pertemuan yang sebelumnya hanya menjadi acara rutin tanpa ada hal-hal baru yang dihasilkan,diharapkan untuk selanjutnya bisa lebih “bernyawa”,menjadi ajang bertemunya berbagai ide kreatif dari masing-masing kader PKK untuk bisa dilaksanakan dalam tataran implementasi yang jelas dan bermanfaat.

2.                  Menjawab dari permasalahan klasik berkaitan dengan sampah agar kedepan banyaknya sampah tidak menjadi tumpukan masalah,namun justru menjadi sumber datangnya Rupiah.
3.                  Mendukung program Pemerintah dalam hal memunculkan inovasi baru.Program yang diwadahi Pemerintah berupa Program Inovasi Desa harus ditangkap sebagai sebuah peluang untuk lebih berkembangnya Desa dengan memanfaatkan Dana Desa yang ada.PKK sebagai salah satu Lembaga Kemasyarakatan yang dianggap paling bergerak dibanding lembaga yang lain juga berkeinginan untuk berkotribusi dalam pembangunan Desa melalui Program PKK.Seiring dengan adanya Program Inovasi Desa dari Pemerintah,langkah PKK Desa Gemawang membentuk dan mengaktifkan Bank Sampah adalah suatu langkah yang tepat.
4.                  Sisi kehidupan ekonomi kader sering dilupakan dalam sebuah organisasi kemasyarakatan.Seolah-olah orang yang berkecimpung dalam Lembaga kemasyarakatan adalah orang-orang yang yang sudah “mapan”,sehingga upah jerih payah menggerakkan roda kelembagaan menjadi hal yang tabu bagi para pengurus dan kader.Itu pula yang terjadi di lembaga PKK Desa Gemawang.Bergeraknya PKK Gemawang bukan karena upah yang menggiurkan,namun hanya karena keikhlasan kader demi majunya Desa.
Oleh karena itu,salah satu langkah memunculkan sumber ekonomi menjadi satu hal yang perlu diberi ruang yang cukup agar perjalanan organisasi tidak menjadi timpang,disamping tentu semangat keikhlasan yang tidak boleh luntur hanya masalah ekonomi.Keikhlasan ini sudah dibuktikan oleh jajaran Pengurus dan Kader PKK Desa Gemawang,dan memunculkan sumber ekonomi adalah yang saat ini sedang dan akan dibuktikan.Salah satunya dengan Bank Sampah PKK Desa Gemawang ini.
5.                  Pembinaan dan Pemberdayaan Keluarga adalah semangat dan misi PKK,tidak terkecuali PKK Desa Gemawang.Ini tercermin dalam 10 Program Pokok PKK.Misi pemberdayaan inilah yang mengharuskan PKK Desa Gemawang dalam melaksanakan program-programnya selalu bersinergi dengan masyarakat,karena masyarakat dalam konteks pembinaan adalah sebagai objek.Namun dalam konteks pemberdayaan menempatkan masyarakat sebagai subjek.Sebagai pelaksananya adalah keluarga-keluarga yang telah terbina dan berdaya.
Salah satu makna berdaya adalah kemampuan dalam bidang ekonomi,disamping makna-makna yang lain.Kenapa Ekonomi?karena keberdayaan dalam bidang ekonomi berpengaruh besar pada sisi lain pemberdayaan.
Bank Sampah adalah salah satu langkah kecil,namun bisa jadi awal dari langkah besar.Membayangkan bangkitnya kekuatan ekonomi bukan dari modal besar,namun justru berawal dari masalah yang dianggap besar,inilah inovasi,dan PKK Gemawang sedang mengawali kerja besar ini.







Lantas apa yang dimaksud dengan Bank sampah dan bagaimana cara kerjanya ? Bank Sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan.Penyetor adalah masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.
Untuk Bank Sampah PKK Desa Gemawang sampai saat ini sedang dalam tahap pengumpulan sampah dan diambil langsung oleh pengepul sampah.Dari 8 Dusun yang ada,yang sudah mengadakan penimbangan perdana ada 4 Dusun,sedang 4 Dusun lainnya baru selesai pada tahap sosialisasi.Diharapkan setelah semua Dusun memperoleh sosialisasi tentang Bank Sampah,maka semua Dusun sudah bisa memulai penimbangan dan penjualan sampah.Dengan demikian pengurus,kader maupun masyarakat akan segera merasakan hasilnya.
Ide tentang Bank Sampah ini sebetulnya sudah muncul satu tahun yang lalu,namun baru pada tahun ini bisa diawali secara serentak.Memanfaatkan Dana Desa,PKK Desa gemawang memanfaatkan dukungan Pemerintah Desa Gemawang untuk mengadakan pelatihan tentang Bank Sampah.Dengan dibantu Mahasiswa UNDIP Semarang,pada bulan Agustus 2017 mendatangkan pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup Temanggung.Waktu pelatihan memang sangat singkat namun cukup memberi gambaran apa dan bagaimana Bank Sampah itu.

Dari hasil Pelatihan tersebut PKK Desa Gemawang mencoba lewat pertemuan rutin mengadakan sosialisasi pembentukan Bank Sampah.Belum semuanya,namun cukup berhasil sebagai langkah awal dari apa yang dilakukan oleh PKK Desa Gemawang ini.
Timbulnya permasalahan pada penimbangan pertama adalah adanya sampah plastik yang tidak diterima oleh pengepul padahal sampah tersebut sudah terlanjur dibawa ke tempat penimbangan.Akhirnya muncullah ide bagaimana jika plastik bisa digiling dan dijual dalam bentuk biji atau rajangan plastik.Kemudian disepakati bahwa Bank Sampah PKK Desa Gemawang membutuhkan mesin perajang plastik.Permasalahan ini kemudian dikomunikasikan dengan Pemerintah Desa Gemawang dan diperoleh jalan keluar yaitu pengadaan mesin perajang plastik.Sampai saat tulisan ini dibuat,alat yang dimaksud belum terwujud karena menunggu proses perubahan APBDes Desa Gemawang.
Apa yang dijalankan oleh PKK Desa Gemawang juga mendapat respon positif dari PUSKESMAS Gemawang,karena dengan terbentuknya Bank Sampah Desa Gemawang jelas sangat membantu program PUSKESMAS dalam bidang kesehatan masyarakat.PUSKESMAS Gemawang juga berinisiatif akan menyambungkan kembali PKK dengan Dinas-Dinas terkait untuk memberikan pelatihan dan pembinaan demi berjalannya Bank Sampah ini.
Itulah sekelumit cerita perjalanan awal terbentuknya Bank Sampah PKK Desa Gemawang.semoga perjalanan selanjutnya semakin lancar,bisa mengatasi masalah dan bisa membangkitkan ekonomi masyarakat Desa Gemawang.Apabila ada permasalahan yang timbul,maka disitulah ada potensi.Dari potensi tentu akan membuahkan kreasi dan inovasi yang pada akhirnya bisa bermanfaat bagi Desa Gemawang.


Ditulis oleh : Syaiful Amin, Sekretaris Desa Gemawang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan, Kecantikan, Mengatasi Maag, Diabetes dll